Sabtu, 19 Mei 2012

Cara Membuat Blog di Blogspot

| |
Ada yang bertanya, bagaimana Cara Membuat Blogger? ya. itu nama resminya. namun kita di Indonesia lebih familiar dengan nama Blogspot. Mengapa? karena kita sebagai orang Indonesia akan mengidentifikasikan sesuatu berdasarkan apa yang kita liat. contohnya banyak blog yang di buat dengan Blogger akan memiliki nama belakang Blogspot.com. intinya blogspot dan blogger adalah 2 hal yang sama.

Nah.. sepertinya anda tertarik untuk tau Cara Membuat Blog di Blogspot ya.. Membuat Blogger itu sangat amatlah mudah, anda hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk menciptakannya bahkan untuk para pemula di internet sekalipun. tapi satu hal yang harus anda persiapkan adalah Email dari Gmail. kenapa harus Gmail? karena menurut pengalaman saya. Google sebagai pemilik Blogger menolak account email selain Gmail. Oke. bagi anda yang belum memiliki account Gmail, ada baiknya anda harus membuatnya terlebih dahulu

Baik jika anda telah memiliki account/email dari Gmail, mari kita mulai sekarang.

1. Silahkan buka Blogger.com atau Klik Disini untuk jalan pintas

2. Anda akan melihat sebuah halaman seperti gambar dibawah ini.



3. Perhatikan tombol orange bertuliskan "Get Starter" (Lihat gambar)



4. Selanjutnya anda akan dibawa ke sebuah form untuk kepentingan pendaftaran, silahkan isi kolom-kolom tersebut. lihat gambar dibawah yang telah saya isi sebagai bahan contoh anda. Hal-hal penting silahkan baca dibawah gambar ini.



  • Alamat Email. Harus menggunakan email milik anda yang ada buat di Gmail.
  • Ketik Ulang Alamat Email. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebenaran email tersebut. silahkan ketikan ulang email anda seperti kolom nomor dua.
  • Masukkan Sebuah Password. sudah cukup jelas. (saya harap anda menggunakan password yang sama seperti account email anda agar tidak bingung nantinya)
  • Ketik Ulang Sandi. Ketik kan sandi yang sama persis seperti pada kolom sebelumnya.
  • Nama Tampilan. Saat anda menulis sesuatu di blog kolom ini akan menampilkan identitas si penulis artikel tersebut. baiklah isi saja "Admin" sebagai standar penulis artikel.
  • Verifikasi Kata. Tulis kata yang tertera pada layar anda, huruf kecil dan besar berpengaruh, anda harus menuliskannya dengan benar.
  • Jangan Lupa berikan tanda "centang" pada Penerimaan Persyaratan. 

Jika semua telah terisi dengan benar, silahkan klik tanda panah warna orange bertuliskan "Lanjutkan", jika tak ada masalah dalam pengisian form tersebut anda akan dibawa ke halaman pembuatan blog. (lihat gambar dibawah)



Perhatikan Hal-hal penting berikut ini.
  • Judul Blog. Judul blog yang akan tampil di blog anda, Contohnya jika anda membuat sebuah blog pribadi maka namanya menjadi "Blog Saya", atau jika anda membuat sebuah blog yang berisikan tentang hal-hal yang anda suka seperti "Blog si Fotografer", nah kira-kira begitu. silahkan di isi sesuai dengan keinginan anda.
  • Alamat Blog (URL). Ini yang paling penting, URL ini adalah alamat blog anda di dunia maya, siapapun orang yang mengakses alamat ini akan dibawa ke blog anda. jadi pikirkan alamat yang baik dan mudah di ingat. jangan lupa juga klik "cek ketersediaan" untuk mengetahui apakah alamat tersebut telah digunakan orang lain atau belum. (alamat jangan di beri spasi, sambung semua).
Nah jika sudah, silahkan klik tombol tanda panah orange bertuliskan "Lanjutkan", anda akan diminta untuk memilih template (tampilan blog). seperti gambar dibawah ini.



Saran. Jangan pilih pilihan template nomor 1, pilihlah pilihan lain. agar anda sebagai pemula dapat dengan mudah menggunakannya. nah jika pilihan sudah ditetapkan. klik tombol orange "Lanjutkan"

Selamat! Kini anda telah memiliki blog pribadi sendiri. (lihat gambar dibawah)



Klik "Mulai Blogging" untuk memulai blog anda. anda akan bawa ke sebuah lembar kerja. seperti pada gambar dibawah ini.



Silahkan tuliskanlah sesuatu untuk posting artikel pertama anda, boleh apa saja. jika sudah selesai klik tombol "Terbitkan Entri". Jika ingin melihat blog anda. silahkan ketik alamat URL blog anda di Browser. dan kini anda bisa berbagi apa saja di internet. dan pesan terakhir. gunakanlah blog tersebut dengan bijak. Terima Kasih. 



sumber:http://www.lihatcara.com/2011/10/cara-membuat-blog-di-blogger-atau.html

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.